Customize C++ Coding Style di Visual Studio Code

Jadi saya ngoding C++ tuh pakai software yang namanya Dev-C++, terus kepengen aja pindah dari Dev-C++ ke Visual Studio Code. Tapi untuk ekstensi C++ di Visual Studio Code formatting stylenya saya kurang suka.

Defaultnya dia menggunakan clang formatting standar Visual Studio. Dan setelah saya cari-cari ternyata ada banyak style formatting yang bisa digunakan.

Beberapa list formatting yang bisa digunakan:

Bisa lihat untuk masing-masing formatting style link di atas yang sudah saya cantumkan, saya pribadi menyukai coding style dari Google. Bukan berarti saya fanboy Google yaaa, tapi karena kebetulan saya pindahan dari bahasa Go yang formattingnya kurang lebih sama seperti bahasa Go, jadi ya pilih coding style dari Google.

Tapi ya kembali lagi sesuai preferensi dan selera masing-masing yaa hehe.

Dan balik lagi gimana kan cara mengubah coding stylenya? Oke simak step di bawah:

Wajib install ekstensi C++ di Visual Studio Code.

Image 1

Kalau udah tinggal buka setting di Visual Studio Code dan ketik “clang format” dan pilih C_Cpp: Clang_format_fallback Style defaultnya terisi Visual Studio.

Image 2

Valuenya tinggal diubah aja, karena saya menggunakan coding style dari Google maka saya isi { BasedOnStyle: Google, IndentWidth: 4, ColumnLimit: 0}

Image 3

Oh iya kalau mau diubah menjadi coding style yang lain bisa diubah aja sesuai list formatting style yang saya cantumkan tadi. Kalau mau menggunakan LLVM bisa diubah menjadi { BasedOnStyle: LLVM, IndentWidth: 4, ColumnLimit: 0}.

Kalau mau diubah menjadi Chromium style bisa diubah menjadi { BasedOnStyle: Chromium, IndentWidth: 4, ColumnLimit: 0} dan seterusnya.

Referensi: